Minggu, 16 Juni 2013

"" 99 KEMBALI NAIK PODIUM "" DUA HONDA PUN TAK MAMPU MENGEJAR

Minggu, 16 Juni 2013 20:21 wib
Lorenzo tampil sebagai juara pada seri MotoGP Catalunya (Foto: Reuters)
Lorenzo tampil sebagai juara pada seri MotoGP Catalunya (Foto: Reuters)
CATALUNYA - Jorge Lorenzo melanjutkan momentum kebangkitannya. Untuk kali kedua, pembalap Yamaha Factory ini sukses mengasapi duo Repspl Honda dan memenangi seri MotoGP Catalunya.

Lorenzo benar-benar menunjukkan kualitasnya sebagai pembalap jempolan. Usai terpuruk di seri Le Mans, Prancis, Lorenzo bangkit dan memenangi seri Mugello, Italia. Dan kini, dia sukses mencatatkan back to back dengan memenangi seri MotoGP Catalunya.

Mengawali start dari posisi tiga pada balapan di Sirkut de Catalunya, Minggu (16/6) petang WIB, Lorenzo langsung ‘menyerang’ dan merangsek ke posisi terdepan. Dia sukses menyalip Cal Crutchlow dan peraih pole position, Dani Pedrosa yang harus puas berada di urutan dua.

Tak hanya Lorenzo, start bagus juga dilakukan Marc Marquez yang berhasil naik ke urutan tiga, meski start dari urutan enam. Rekan setim Lorenzo, Valentino Rossi juga mengawali balapan dengan baik di mana dia berhasil naik dari posisi tujuh ke urutan lima, di belakang Cal Crutchlow.

Balapan memasuki lap kelima, insiden nahas menimpa Cal Crutchlow. Pembalap Monster Yamaha Tech 3 ini terjatuh dari motornya saat melahap tikungan. Terjatuhnya Cruthlow memberikan keuntungan bagi Rossi yang naik ke posisi empat.

Sementara itu, di baris depan, Lorenzo masih terus memimpin balapan. Dia mendapat tekanan dari duo Repsol Honda, Dani Pedrosa dan Marc Marquez di posisi tiga.

Hingga pertengahan lomba, komposisi pembalap tidak berubah, di mana Lorenzo masih terus memimpin balapan, diikuti Pedrosa dan Marquez dan Rossi agak jauh tertinggal di posisi empat.

Lap demi lap dijalani, namun komposisi pembalap tidak mengalami perubahan signifikan. Lorenzo kian nyaman di depan, sementara Pedrosa sibuk mempertahankan posisinya dari kejaran Marquez yang beberapa kali melakukan maneuver namun gagal.

Akhirnya, hingga lap terakhir, Lorenzo tak terbendung dan melintas garis finis pertama dengan catatan waktu 43 menit 6.479 detik, atau unggul sekira dua detik dari Pedrosa di tempat kedua.

Marc Marquez harus puas berada di podium tiga, diikuti Valentino Rossi, Stefan Bradl, Bradley Smith, Andrea Dovizioso, Aleix Espargaro, Colin Edwards dan Michael Pirro di posisi 10.

Dengan kemenangan ini, Lorenzo sukses mengikis defisit poinnya dengan Pedrosa. Dengan koleksi 116 poin, Lorenzo kini hanya terpaut tujuh poin dari Pedrosa yang untuk sementara masih memuncaki klasemen sementara pembalap.

Marc Marquez nangkring di urutan tiga klasemen dengan 93 poin, diikuti Cal Cruthlow di posisi empat dengan 71 poin. Juara dunia MotoGP tujuh kali, Valentino Rossi masih tercecer di urutan lima dengan raihan 60 poin.

1 komentar: